Senin, 18 Juli 2011

Hemat Air

0

Setelah sekian lama merantau di Jogja untuk kuliah, akhirnya pada waktu liburan saya pulang ke tempat tinggal saya di Semarang.

Ketika sampai di rumah, saya kagum melihat hal unik yang dilakukan ibu saya di rumah. Ternyata hemat air dapat dilakukan dengan cara yang simpel, begini nih caranya:

Jika di rumah atau di kamar mandi ada kran air, maka sebaiknya di bawah kran air kita letakkan ember. Jika kita menggunakan kran tersebut (untuk mencucii tangan/kaki, wudhu, dll) maka air kran tidak langsung terbuang melainkan akan ditampung oleh ember tadi. Air dari ember tadi dapat kita gunakan untuk hal-hal kecil seperti menyiram toilet yang telah digunakan (air siraman untuk pipis maupun BAB) ataupun dapat digunakan untuk menyiram tanaman.

Hal ini dapat menghemat penggunaan air, kita tidak perlu mengambil air bersih lagi untuk dibuang, melainkan menggunakan air buangan untuk membuang air, karena menyiram tanaman ataupun menyiram toilet tidak usah menggunakan air bersih, cukup dengan air bekas karena sifatnya cuma membuang air, bukan untuk membersihkan.

Seperti kata AA Gym, mulailah dari hal yang kecil. Dengan melakukan hal yang kecil ini (menaruh ember di bawah kran air), kita dapat menghemat air untuk mencegah kekurangan air bersih di dalam rumah kita.

(picture taken from regional.kompas.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting